Sabtu, 15 Oktober 2011

Lesson Study dalam Berpikir Matematis : Mengembangkan Metode Matematis dalam Pembelajaran Luas Tabung dan Bola serta Volume Kerucut dari Siswa Kelas 8

Oleh : Dr. Marsigit, M. A
Reviewed by : Hany Tri Wahyono

Kurikulum sekolah berbasis menengah pertama menggabungkan dua paradigm yang mana salah satu sisi ditekankan pada kompetensi siswa sedangkan sisi yang lain mementingkan proses belajar siswa. Kurikulum sekolah berbasis menengah pertama menguraikan beberapa tujuan belajar mengajar matematika adalah untuk memahami konsep-konsep matematika dan relasi masing-masing topic, untuk menyampaikan ide matematika sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa, kemampuan menyelesaikan masalah, dan pengetahuan tentang pemnggunaan dalam kehidupan sehari-hari. 
Dalam lesson study, peneliti sudah berusaha mengungkap gambar yang mana diupayakan guru untuk mendukung metode matematis dalam pembelajaran luas total dari tabung lingkaran dan lingkup serta volume kerucut tegak. Hasil yang paling mencolok dapat dinyatakan bahwa metode matematis siswa dapat ditelusuri melalui skema kegiatan belajar seperti di bawah : 
  1.  Masalah pembentukan dan pemahaman yang muncul ketika siswa mengamati model tabung lingkaran, bola dan model kerucut lingkaran tegak yang diberikan guru. Mengidentifikasi komponen dari tabung lingkaran, bola, dan kerucut lingkaran tegak. Kemudian mendefinisikan konsep dari tabung lingkaran tegak dan kerucut lingkaran tegak setelah mendapatkan pertanyaan dan pemberitahuan dari guru untuk mencari konsep.  
  2. Membangun perspektif yang muncul ketika siswa dipekerjakan mencari luas daerah tabung dan bola, dan volume kerucut dari model konkret. Mempelajari bahwa tinggi tabung sama dengan lebar suatu persegi panjang, dan keliling lingkaran sama dengan panjang dari suatu persegi panjang. Mempelajari arahan guru tentang bagaimana prosedur untuk menemukan volume dari kerucut lingkaran tegak dan menyusun model tabung dari komponen-komponen tersebut. 
  3. Memeriksa solusi yang muncul ketika siswa mencoba menemukan daerah sisi dari tabung, luas daerah dari tabung dan bola, kemudian mengumpulkan data pengukuran volume kerucut dibandingkan dengan volume tabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar