Minggu, 30 Oktober 2011

Berpikir Matematika di Seluruh Budaya Multilateral

Oleh : Dr. Marsigit, M. A
Reviewed by :Hany Tri Wahyono

APEC Education Ministerial Meeting yang diselenggarakan pada tanggal 29-30 April 2004 di Santiago, ditetapkan daerah prioritas untuk hubungan kegiatan kea rah depan untuk mendorong pembelajaran matematika dan sains. Berdasarkan prioritas ini, ada beberapa kegiatan dari proyek APEC untuk medorong kerjasama dalam belajar inovasi mengajar dan pembelajaran matematika pada budaya yang berbeda. Lesson study yang menarik perhatian dari seluruh dunia benar-benar berasal dari pendidikan belajar di Jepang sejak zaman sekolah normal. Tiga topik utama yang dipilih berdasarkan tiga tahap dari proses lesson study antara lain rencana (untuk berpikir matematika), melakukan (untuk komunikasi) dan melihat (untuk evaluasi).
Hasil setiap tahun akan menjadi dasar untuk proyek pada tahun-tahun selanjutnya. Pada akhir tahun, generalisasi akan menjadi tema yang mana akan mengembangkan perlakuan dari lesson study untuk semua subjek area. Dengan menggunakan lesson study tujuan proyek untuk bekerja sama dengan saling mengembangkan ide dan cara dari berpikir matematis tang mana dibutuhkan untu ilmu pengetahuan, teknologi, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, dan juga mengembangkan pendekatan mengajar dalam berpikir matematis melalui lesson study diantara anggota ekonomi APEC. Peneliti spesialis dari ekonomi APEC mendukung untuk mengambangkan lesson study dengan mengamati pengajaran matematika di Jepang dan Thailand dan juga di setiap Negara lain.
Berpikir matematika memiliki banyak arti untuk beberapa pendidik. Ada beberapa fitur di mana kita dapat mempromosikan berpikir matematika seperti reorganisasi melalui matematika dengan berpikir secara reflektif, kemahiran dan penggunaan konsep matematika dalam dunia yang ideal, mempelajari bagaimana untuk belajar mengembangkan dan menggunakan matematika pada macam pembelajaran sebelumnya. Berbagi ide dan cara berpikir matematika yang mana dibutuhkan untuk pengetahuan, teknologi, pertumbuhan ekonomi dan perkembangannya. Juga mengembangkan pendekatan pengajaran dalam berpikir mathematic melalui lesson study, dan mengembangkan hubungan untuk berbagi ide dalam melakukan cara berpikir matematika pada tingkat daerah, nasional, atau internasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar