Sabtu, 24 September 2011

Bahasa inggris Untuk Pendidikan Kejuruan

Oleh : Dr. Marsigit M. A
Reviewed by : Hany Tri Wahyono

Pendidikan kejuruan atau terkadang dibilang pendidikan kari dan teknik memiliki tujuan menyiapkan pelajar yang dapat langsung berkarir dalam dunia kerja. Dalam rangka untuk mewujudkan standar internasional atau SBI dibutuhkan dukungan dari tenaga pengajar yang professional dan berkualifikasi, juga managemen dan fasilitas yang bagus. Selain itu staff akademik sebaiknya juga dapat melakukan relevansi program, efisensi, efektibilitas, akuntabilitas, dan membenarkan program. Untuk beberapa alasan tersebut diwajibkan bagi guru SMK untuk dapat mengkomunikasikan pengetahuan kejuruan, ketrampilan dan pengalamannya dalam bahasa inggris.
Kunci sukse dalam proses belajar mengajar adalah berkomunikasi. Kerangka untuk serangkaian interaktif bahasa inggris dimediasi tugas-tugas yang mendorong guru untuk memenuhi persyaratan baik itu persyaratan kurikulum kebutuhan belajar serta kepentingan murid mereka. Untuk mengembangkan bahasa inggris pada sekolah kejuruan perlu dilakukan persiapan bahasa inggris untuk mengajar dan mengembangkan kurikulum dalam bahasa inggris.
Kompetensi dasar pendidikan difokuskan pada hasil pembelajaran bukan saat memasuki proses pembelajaran. Kompetensi disini merefleksikan penjelasan dari ketrmpilan, pengetahuan, sikap dan kebiasaan yang memenuhi kemampuan efektif dari persoalan nyata atau kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan dan perkembangan kepariwisataan. Kemudian dilanjutkan dengan mengembangkan silabus dalam bahasa inggris. Setelah bagian tersebut tercapai maka isi pengajaran juga perlu dikembangkan dalam bahasa inggris, dan yang terakhir membangun rencana pembelajaran dalam bahasa inggris. Yang memiliki pengaruh dalam pembelajaran dengan bahsa inggris yaitu dengan menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran dengan bahasa inggris.
Sejalan dengan konsep kompetensi komunikatif, factor-faktor berikut sebaiknya ada dalam pendidikan kejuruan melalui bahasa inggris:
      1.   Kelancaran dan penerimaan bahasa sebaiknya diperhatikan oleh guru
      2.   Siswa diharapkan untuk berinteraksi dengan siswa lain untuk berkomunikasi isi dari teknis pembelajaran dalam bahasa inggris
      3.   Siswa harus diberi kesempatan cukup untuk mengembangkan isi pembelajaran sesuai bahasa inggris
      4.   Peran guru tidak hanya memfasilitasi komunikasi dari isi pembelajaran, tapi jugamemfasilitasi bahasa inggris sebagai komunikasi
      5.   Perlu bagi guru untuk mendorong siswanya membiasakan berbicara bahasa inggris dalam setiap kesempatan
      6.   Guru perlu untuk mengembangkan media dan alat bantu pembelajaran yang mendukung baik isi pembelajaran maupun kaitannya dalam bahasa inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar