Jumat, 30 September 2011

Lesson Study : Mempromosikan Berpikir Siswa dalam Konsep Least Common Multiple (LCM) melalui pendekatan realistis dalam Kelas 4 SD Pengajaran Matematika


Oleh : Dr. Marsigit M. A
Reviewed by : Hany Tri Wahyono

Berpikir matematika didefinisikan sebagai kegiatan siswa untuk mengkomunikasikan ide matematika yang melibatkan symbol-simbol, table, diagram dan sumber lain dalam rangka agar siswa mampu memecahkan suatu permasalahan.
Lebih spesifik, kurikulum matematika utama menguraikan tujuan belajar mengajar matematika sebagai pengertian tentang konsep matematika, untuk menjelaskan hubungan dalam matematika dan menggunakannya untuk memecahkan masalah secara akurat dan efisien. Kemudian untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam mempelajari pola dan karakteristik dari matematika, untuk memanipulasi menuju ke hal yang umum, untuk membuktikan dan menjelaskan ide dan proposisi matematika, juga mengembangkan pemecahan masalah yang mencakup pengertian masalah, menguraikan model matematika, memecahkan masalah tersebut dan memperkiarakan hasil. Ide matematika juga perlu dikomunikasikan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain. Selain itu matematika untuk mengembangkan apresiasi penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari, keingintahuan, pertimbangan dan keinginan untuk belajar matematika secara berni dan percaya diri. Pendekatan realistis dilakukan dengan melihat situasi dunia nyata atau masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai titik utama mempelajari matematika. Konsep keteraturan ditimbulkan dari konsep kegiatan rutin atau kegiatan yang dilakukan sehari-hari.
Melalui pendekatan realistis, hasil mencolok dari belajar diilustrasikan bahwa :
  1. Para siswa berpikir konsep dari LCM jauh dikontribusikan oleh guru menggunakan konteks realistis sebagai titik awal untuk pembelajaran mereka
  2.  “Format kalender masalah” adalah model yang berguna untuk siswa dalam menjembatani pemikiran matematika antara abstrak dan realistis, dan memdantu siswa untuk belajar LCM di berbagai tingkat abstraksi
  3. Berpikir siswa tentang konsep LCM secara serempak dipengaruhi dalam menggunakan fungsi rumus dan strategi mereka sendiri
  4. Dalam pemikiran konsep LCM, interaksi siswa dan guru maupun siswa dengan sesame siswa adalah kegiatan yang penting
  5. Berpikir siswa tentang LCM dipengaruhi oleh hubungan diantara konsep-konsep matematika yang dikembangkan sebelumnya, misal konsep faktor angka dengan hubungan kehidupan nyata
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar